Selasa, 19 Februari 2013

Membuat Kutu Air Sendiri (Pakan Burayak Ikan)

       Alhamdulillah, saya masih diberi kesempatan oleh Alloh SWT untuk membuat postingan lagi. Mungkin dari kalian ada yang bingung saat memelihara ikan, disaat makanan sudah hampir habis. Mau beli tapi belum punya uang, mau beli tapi lokasi tokonya jauh, mau buat sendiri tapi belum tau caranya, mau beli tapi tak sempat.

       Nah, ini saya akan memberikan sedikit info mengenai cara membuat makanan yang umumnya cocok untuk semua ikan hias kecil.

       Kutu air, cara membuatnya mudah, biaya murah bahkan gratis, dan cepat, paling 24 jam kutu air dah berkembang biak meskipun masih dalam jumlah sedikit tapi lumayan lah, dari pada beli makanan yang mahal. Udah saya coba sendiri.

1. Siapkan gelas aqua bekas atau wadah lainnya yang bisa menampung air.

 

2. Cari lumpur bewarna hijau yang berada di dasar kolam ikan lele. Sebagai sarana berkembang biaknya kutu air. Terserah kolamnya siapa yang penting ijin dulu. Hehe.
   

3. Masukkan lumpur tersebut paling tidak sebanyak setengah gelas aqua, kemudian setengahnya lagi dipakai untuk airnya. Jadi gelas aqua akan terisi full.
  
 Intinya, volume lumpur harus sama dengan atau lebih dari volume air.

4. Tunggu minimal 24 jam, gak perlu ditutup, namun tetap harus dijaga dari jentik-jentik nyamuk. Kalau banyak kemungkinan akan adanya jentik-jentik nyamuk, maka tutuplah gelas dengan kain kasa.

5. Agar bisa mendapat hasil maksimal, maka buatlah gelas air lumpur dalam jumlah banyak.

 
Ini adalah gambar kutu air, hasil budidaya, jika sudah dipindah ke air jernih.

Selamat Mencoba
Terima Kasih

Sumber : Pengalaman pribadi

0 komentar:

Posting Komentar