Rabu, 13 Februari 2013

Apa Sih IPB Itu?

      

       Pertama dengar kata IPB, apa sih yang ada di pikiran kamu? Kalau aku pertama dengar kata IPB, tujuanku langsung ke Institut Pertanian Bogor, meskipun belum tau banyak pada saat itu, tapi yang penting sudah mengetahui singkatannya, iya kan? Tidak hanya itu, pikiranku juga langsung tertuju pada fakultas pertanian dan fakultas peternakan, tapi parahnya, hanya dua fakultas itu yang aku tau hehe, agak sedikit "ndeso" sih aku, fakultas aja yang tau hanya dua di IPB. Tapi itu dulu, namun sejak awal tahun 2013 di dalam waktu yang baru, pikiranku mulai berubah, aku semakin mengerti tentang IPB meskipun baru mengerti dari dunia maya, tapi nggak pa pa lah siapa tau ada kesempatan mengerti di dunia nyata hehe.

       IPB mempunyai sembilan fakultas, apa saja itu?
  1. Fakultas Pertanian
  2. Fakultas Peternakan
  3. Fakultas Kedokteran Hewan
  4. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  5. Fakultas Kehutanan
  6. Fakultas Teknologi Pertanian
  7. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  8. Fakultas Ekonomi dan Manajemen
  9. Fakultas Ekologi Manusia
       Oalaaah, ternyata IPB mempunyai sembilan fakultas to, ini pengetahuan yang aku dapatkan untuk menyanggah pemikiranku bahwa IPB hanya memiliki dua fakultas.

       Nggak kusangka ternyata IPB masuk 5 besar perguruan tinggi di Indonesia. Universitas ini hampir mengejar UGM (Universitas Gajah Mada), ITB (Institut Teknologi Bandung) dan UI (Universitas Indonesia) dan tidak kalah juga dengan UNAIR (Universitas Airlangga) bersama universitas-universitas lainnya. IPB juga masuk peringkat 119 Asia, cukup hebat juga IPB. Selain itu IPB juga memiliki akreditasi A (Sangat baik) yang hanya dimiliki oleh 5 PTN, yaitu, IPB, UGM, ITB, dan ITS, dengan adanya akreditasi ini berarti IPB mempunyai kualitas lebih.

       IPB mempunyai fasilitas yang cukup lengkap dalam mendidik para mahasiswa. Ada danau, kolam perikanan, rumah sakit hewan, kandang ayam dll. Wah pasti luas banget tuh.

       Kampus yang terletak di Bogor ini memiliki berbagai komunitas yang menarik untuk membangun bakat yang mendukung situasi dan kondisi kampus. Kadang tanpa kita sadari, kita memiliki bakat yang terpendam tapi rasanya sulit sekali dikeluarkan, oleh karena itu kita bisa mengikuti komunitas-komunitas yang dirasa kita mampu dan cocok untuk mempelajarinya. Komunitas yang ada di IPB ini cukup banyak jumlahnya, ada komunitas seni budaya, olah raga baik beladiri maupun non beladiri, kerohanian dll. Kalau untuk aku, aku mungkin akan pilih Beladiri Thifan Po Khan, kebetulan, akhir-akhir ini aku merasa juga butuh latihan beladiri, apalagi yang menerapkan prinsip Islam, selain beladiri mungkin aku juga akan pilih komunitas kerohanian Islam. Itu baru sedikit cuplikan tentang komunitas di IPB, ya kalau mau tau lebih banyak info mampir aja ke kampusnya, oke :).

       Setelah melihat informasi-informasi lebih jauh tentang IPB, beberapa wirausahawan muda dari IPB sukses mengembangkan usahanya. Bahkan ada yang berumur 25 tahun, tetapi omzetnya sudah Rp 200 Milyar dari usaha properti namanya Elang Gumilang, bayangkan omzet segitu besar, siapa yang tak mau. Dengan keahlian mahasiswa-mahasiswa dalam berwirausaha, otomatis akan dapat membuka lapangan kerja bagi orang-orang yang membutuhkan pekerjaan, sehingga pengangguran akan teratasi sedikit demi sedikit.

       Wow, yang lebih menakjubkan lagi bagiku,  IPB menduduki peringkat dua kampus hijau dari universitas di Indonesia. Meskipun hanya peringkat dua, tapi nggak masalah, yang penting sudah berusaha berpartisipasi untuk mewujudkan lingkungan yang hijau, segar, nyaman dll sehingga kehidupan di bumi berjalan dengan makmur dan tentram tanpa bencana alam yang berarti.

       IPB juga mempunyai banyak jaringan perusahaan, sehingga lulusannya dapat dengan leluasa mencari lapangan pekerjaan. Jadi, nggak perlu terlalu bingung dalam mencari pekerjaan, yang penting berusaha dan terus berusaha untuk masa depan lebih baik.

Tags : Institut Pertanian Bogor (IPB), Admisi IPB, Lomba IPB

0 komentar:

Poskan Komentar

Mau Pasang Iklan? Rp 5.000,-/Bulan