Senin, 04 Februari 2013

Memilih DOD/Anak Bebek/Bibit Bebek/Meri yang Baik

Cara memilih DOD/Anak Bebek/Bibit Bebek/Meri yang baik, adalah salah satu kunci sukses beternak bebek, jika salah dalam pemilihan bibit bebek atau DOD maka masa depan peternakan bebek anda akan menjadi suram. Saat ini belum ada pembibitan bebek yang dilakukan secara intensif, yang ada hanya penetasan telur yang diperoleh dari berbagai peternak yang kemudian ditetaskan oleh peternak rumahan. Konon indukannya pun bukan berasal dari hasil seleksi. Tak heran jika saat ini sulit menemukan bibit bebek unggul dalam jumlah besar dan umurnya seragam.

Sampai saat ini Kalimantan Selatan, Cirebon, Cimalaya-Jawa Barat, Tegal-Jawa Tengah, dan Mojosari-Jawa Timur dikenal sebagai sentra peternak bebek dan penghasil bibit bebek (Day Old Duck/DOD) dan bebek siap dibesarkan atau bebek siap untuk bertelur (Meri).

Bagi peternak bebek petelur perlu memperhatikan pemberian pakan saat bebek umur 1-6 hari guna pertumbuhan kerangka cadangan kapur untuk pembuatan kulit cangkang telur. Untuk itu jauh lebih baik jika memelihara bebek petelur dari DOD daripada membeli bibit bebek petelur yang siap bertelur. Namun agar lebih efisiensi waktu dan biaya, membeli indukan siap bertelur dari peternak angonpun tiada salahnya, asalkan mengetahui trik memilih yang tepat.


dod 21 300x187 Cara memilih DOD bebek yang baik 

dod 1 300x225 Cara memilih DOD bebek yang baik

Berikut ini adalah cara memilih DOD bebek yang baik, yang harus dilihat ketika kita memilih bibit adalah bibit bebek tersebut memiliki

Kriteria DOD Unggul
  1. Bobot 38-40 gram.
  2. Pusarnya sudah kering dan duburnya bersih.
  3. Berbulu bagus dan kering.
  4. Kedua matanya melek.
  5. Bebek bergerak lincah.
  6. Tidak ada cacat pada kaki (Pengkor). 

Kriteria Bebek Siap Bertelur/Dibesarkan
  1. Berat badan harus seragam agar telur yang dihasilkan seragam juga.
  2. Beli dalam jumlah terbatas 200-300 ekor.
  3. Tulang pubis (Pantat) yang berada ditempat saluran keluar telur saat menuju ke kloaka melebar denga ukuran 3 jari tangan.
  4. Sedangkan untuk bibit pembesaran bebek pedaging pilih bibit pejantan umur 10 minggu yang bobotnya 0,9 kg atau bebek betina afkir.
Prof. Emer. Dr. Peni S. Hardjosworo
Praktisi perunggasan IPB
Sumber : www.infoternak.com dan www.bebekmeri.blogspot.com
Editor : Abdurrahman Ahmad

0 komentar:

Posting Komentar