Jumat, 15 Februari 2013

Tentang Ikan Cupang

  
       Ikan cupang, biasanya bisa dilihat dari perilakunya yang ganas, dengan warna yang menarik dan bersirip cantik.

       Ikan ini adalah ikan air tawar yang habitat asalnya dari Negara di Asia Tenggara antara lain Thailand, Malaysia, Vietnam termasuk Indonesia. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Biasanya ikan ini dikelompokkan menjadi tiga golongan yaitu ikan cupang hias, ikan cupang aduan, dan ikan cupang liar.

       Memelihara ikan cupang tidak ribet kok, meskipun tidak ada aerator (Plutuk-plutuk, gelembung udara) tetapi masih bisa tetap hidup, wadahnya tidak perlu luas-luas. Yang terpenting adalah memberi makan rutin tiap hari, jika tidak maka ikan akan stres dan mati. Menurut pengalamanku, untuk mengakali ikan diberi makan tiap hari, maka di wadah ikan diberi lumpur yang berwarna hijau, biasanya terdapat di kolam lele, nah lumpur itu akan sebagai tempat berkembang biaknya kutu air yang menjadi santapan bagi ikan cupang. Lebih hemat tenaga kan?

       Makanannya adalah kutu air, cacing sutra, cacing tanah kecil, jentik-jentik nyamuk dll. Kalau kepepet ya bisa diberi remukan roti, atau makanan lain.

0 komentar:

Poskan Komentar

Mau Pasang Iklan? Rp 5.000,-/Bulan