Kamis, 14 Februari 2013

Transformasi Energi di Tangan Petani


       Makanan, suatu hal yang wajib ada setiap saat, jika hal itu diabaikan maka akan sangat berdampak pada keberlangsungan makhluk hidup, terutama manusia. Manusia setiap kali melakukan suatu usaha sekecil apapun pasti membutuhkan energi agar usaha tersebut dapat dilakukan, energi itu sendiri adalah hasil pengolahan makanan di dalam tubuh, apa jadinya jika persediaan makanan sedikit demi sedikit mengalami penyusutan, jika hal itu terjadi otomatis makanan yang dimakan oleh manusia juga semakin menipis lalu proses pembentukan energi yang diolah dari makanan di dalam tubuh semakin kecil, sehingga kualitas produksi manusia menurun, mungkin dalam jangka lama bisa menyebabkan turunnya angka jumlah orang berkualitas. Berbicara tentang makanan, tidak bisa lepas dari sumber pokok pembuatan makanan itu sendiri, dari mana sumber pokok pembuatan makanan itu berasal? Ya benar, sumber pokok pembuatan makanan itu berasal dari pertanian.



       Pertanian merupakan suatu sarana penting dalam kehidupan manusia. Kenapa? Karena pertanian merupakan penghasil makanan utama bagi manusia. Pertanian adalah tempat memanen sumber daya yang berguna untuk keberlangsungan hidup manusia yang berasal dari perikanan, peternakan, dll. Nah, dalam melakukan pemanenan dibutuhkan ahli yang mampu mengolah lahan tersebut secara produktif, artinya mampu memproduksi sumber daya secara maksimal dengan usaha yang minimal. Salah satu ahli yang mampu mengolah lahan tersebut adalah petani.


       Petani telah bersusah payah mengolah lahan untuk menghasilkan makanan, meskipun banyak sekali kendala, seperti semakin menyusutnya area pertanian, kurang tersedianya sarana dan prasarana yang memadai namun petani tetap berusaha mati-matian dengan upah yang tidak seberapa. Tujuan yang dilakukan petani adalah untuk memenuhi kebutuhan makanan khalayak ramai. Dari tangan petani, lahirlah banyak manusia-manusia yang berkualitas, karena petani telah memberikan makanan kepada orang-orang, yang kemudian berubah menjadi energi, nah dari energi itulah manusia mulai berkarya mengembangkan potensi-potensinya yang akan mendorong manusia-manusia menjadi berkualitas. Bisa dibilang bahwa petani adalah sumber kehidupan yang mengalirkan energi kepada manusia.

 
Tags : Institut Pertanian Bogor (IPB), Admisi IPB, Lomba IPB 

0 komentar:

Posting Komentar